Agen Nasa

Agen Nasa
KAMI ADALAH AGEN RESMI DISTRIBUTOR RESMI PRODUK NASA KAMI MENYEDIAKAN SEMUA JENIS PRODUK NASA NATURAL NUSANTARA KAMI JUGA MENERIMA PENDAFTARAN AGEN RESMI NASA WA/CALL 085338803113

CARA PENGENDALIAN HAMA TANAMAN PEPAYA

PENGENDALIAN HAMA TANAMAN PEPAYA

CARA PENGENDALIAN HAMA TANAMAN PEPAYA

Hama tanaman pepaya - Berbudidaya tanaman pasti akan berhadapan dengan namanya hama dan penyakit tanaman, begitu juga saat tanaman pepaya. Perlu ketelitian serta pengalaman untuk menjadi petani pepaya yang sukses agar tenaman pepaya bisa berbuah lebat.

Untuk mengendaliakan hama dan penyakit tanaman pepaya perlu dilakukan tindakan dengan cepat dan tepat. Karena seperti yang kita ketahui bahwa tanaman pepaya merupakan tanaman manja. Jika kekurangan air, berdampak tidak baik pada pertumbuhannya, begitu juga kalau kelebihan air, tanaman pepaya akan mati.

Kemudian bagaimana langkah pengendaliannya dan apa saja hama yang bisa menyerang tanaman pepaya Berikut penjelasannya tetang hama tanaman pepaya yang harus anda ketahui :

HAMA TANAMAN PEPAYA

1. Kutu Perisai (Aspidiotus destructor)
Hama ini biasanya menyerang dengan menghisap cairan didalam daun pepaya. Jika hama ini dibiarkan begitu saja tanpa ada penanganan, dapat menimbulkan nekrosis pada bagian yang dihisap.
Gejala: Daun pepaya akan menjadi kering dan rontok. Pada permukaan bawah daun akan tertutup lapisan seperti sisik, sedangkan dibagian atas permukaan daun ada bercak-bercak warna kuning.
Pengendalian : Penyemprotan PESTONA, serta dapat juga menggunakan predator seperti chilocorus sp, Crypthognatha nodiceps.

2. Dompolan (Planococcus citri)
Kutu jenis ini biasanya menyerang bagian buah dan daun, dengan menyerap cairan buah atau daun  yang dihisapnya. Sehingga bagian yang diserang akan mengalami gangguan pertumbuhan.
Gejala : Munculnya massa putih seperti lilin dibagian daun atau buah tanaman. kutu jenis ini dapat memproduksi embun madu yang dapat menjadi media tumbuhnya embun jelaga sehingga lapisan pepaya berwarna hitam seperti jelaga.
Pengendalian : Lakukan sanitasi lahan secara berkala atau dapat juga memanfaatkan musuh alami seperti Coccinellidae dan Cecidomydae. Penyemprotan PESTONA.

3. Tungau Merah (Tetranychus cinnabarrinus)
Hama ini biasanya menyerang bagian daun, tangkai, dan buah. Bagian bawah daun akan terlihat sperti anyaman benang halus ini merupakan tempat hama tinggal.
Gejala : Tanaman yang terserang akan terlihat perubahan warna menjadi perunggu pada bagian yang terserang, sedangkan permukaan atas daun akan terdapat bercak berwarna kuning atau coklat yang meluas ke seluruh daun hinga warna merah karat. Mengakibatkan tanaman berubah dan ukuran buah berkurang drastis.
Pengendalian : Penyemprotan PESTONA.

4. Kutu Putih (Paracoccus marginatus)
Kutu ini biasanya menempel pada daun dan batang pepaya california. Makanya perlu penanganan yang cepat agar serangan kutu putih tidak merebak. Karena jika serangan kutu semakin parah, bisa mengakibatkan buah pepaya menjadi busuk yang berarti gagal panen. Dari satu kutu putih yang dibiarkan satu minggu busa menutupi satu daun.
Gejala: Jika menyerang batang maka batang akan menghitam dan jika menyerang bagian daun maka pertumbuhan akan terhambat sehingga tampak kerdil.
Pengendalian : Semprot terlebih dahulu dengan air detergen. Air detergen ini sangat berfungsi untuk menghilangkan lilin pada kutu, setelah itu barulah disemprot dengan PESTONA.

5. Kutu Batang (Pseudaulacaspis Papaya)
Kutu batang memiliki ciri-ciri yang mudah dikenal, yakni bentuk tubuhnya pipih berdiameter kira-kira 2 - 2,5 mm, berwarna abu-abu dan berbentuk sisik.
gejala: Biasanya bisa anda lihat dipohon yang terkena serangan kutu batang ini berciri ciri pohon seperti terkena lilin dan pertumbuhan menjadi tidak segar dan lambat.
Pengendalian : Penyemprotan PESTONA.

6. Ulat Jengkal Pepaya
Ulat ini biasanya terdapat pada pangkal batang dang sekitar buah.
Gejala: Ciri-ciri keberadaan ulat ini adalah adanya seperti terdapat bekas luka pada batang. Bekas luka inilah yang mengakibatkan cendawan menyerang.
Pengendalian : Musnahkan ulat tersebut atau dengan membiarkan musuh alami ulat jengkal pepaya ini tetap hidup yaitu Serangga. Bisa juga dengan penyemprotan PESTONA untuk menjaga terjaganya biota pepaya california.

Nah demikian sedikit tentang cara pengendalian hama tanaman pepaya, Jika anda sudah mengetahui informasi anda maka anda harus tau sejak dini bagaimana cara mengatsi hama tanaman pepaya agar mudah dalam mengendalikannya. Selamat mencoba dan jika artikel ini bermanfaat bagi anda bisa berkomentar di kolom komentar di bawah..


INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI KAMI


Distributor remi PT. Natural Nusantara Nasa
Muhamad Jamil
N-416701
Wa/call : 087747838108


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA PENGENDALIAN HAMA TANAMAN PEPAYA"

Posting Komentar